Otomotif

6 Cara Merawat AC Mobil Agar Awet

Cuaca yang cenderung panas, membuat AC menjadi salah satu komponen yang diperhatikan saat membeli atau mengendarai mobil. Udara yang sejuk dan dingin dapat menambah kenyamanan Anda saat berkendara, terlebih apabila Anda mengalami kemacetan di siang hari. Mengingat fungsinya yang penting, Anda wajib mengetahui bagaimana cara merawat AC mobil agar awet. Berikut caranya.

1. Jaga kebersihan kabin mobil.

Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan menjaga kebersihan kabin mobil. Kabin yang kotor dapat membuat filter AC tersumbat. Hal tersebut disebabkan karena debu-debu dan kotoran yang masuk di sela-sela filter AC, sehingga dapat mengganggu kinerja AC dan membuatnya tidak terasa dingin saat dinyalakan.

2. Jangan merokok di dalam mobil.

Merokok di dalam mobil dapat membuat kinerja AC tidak optimal. Hal teresebut terjadi karena asap rokok akan terhisap oleh blower dan menyebabkan evaporator cepat kotor.

3. Rajin membersihkan lubang drainase.

Kebocoran yang terjadi dapat menyebabkan penurunan fungsi pendingin pada AC, dan dapat merusak komponennya secara perlahan, terutama jika Anda menggunakan AC mobil korea. Untuk mencegahnya sebaiknya Anda selalu rutin membersihkan lubang drainase pada pan kondensasi. Jangan lupa periksa selang dan segel gasket, ganti dengan yang baru ketitak terjadi kerusakan pada selang.

4. Menjaga RPM mobil

Cara agar AC mobil awet selanjutnya adalah dengan menjaga RPM mobil. Jika Anda menggunakan AC mobil korea, putaran RPM yang kecil sangat mempengaruhi performa AC. Lakukan pengecekan secara berkala pada RPM mobil agar percorma AC Anda tetap baik.

5. Servis secara berkala

Melakukan servis AC secara berkala merupakan langkah yang cerdas dalam menjaga kondisi AC agar tetap awet. Anda dapat menganti filter kabin 6 bulan sekali. Setelah itu, Anda dapat melakukan servis secara ringan seperti servis kondensor, blower, serta ganti flyer. Setiap 2 tahun sekali Anda dapat melakukan servis sekala besar seperti servis evapolator, ganti filter kabin, serta pengisian freon.

6. Jangan matikan AC dalam waktu lama

Pemahaman yang salah yang perlu di benahi bagi pemilik mobil adalah waktu mematikan AC. Banyak yang beranggapan jika mematikan AC dalam jangka waktu yang lama dapat menjaga keawetan dan mengirit bahan bakar. Pemahaman seperti keliru, AC mobil yang jarang dihidupkan dalam jangka lama dapat membuat selang dan belt menjadi cepat kering sehingga mengganggu kinerja AC serta dapat menyebabkan kerusakan yang parah.

Beberapa tips diatas dapat Anda jadikan acuan dalam melakukan perawatan AC mobil agar kondisi AC mobil Anda prima. Salah satu rekomendasi toko yang menjual peralatan AC mobil korea terbaik adalah MobilKoreaPart.com. Selain AC mobil, situs ini juga menyediakan aksesoris variasi mobil.