Internet

Kelebihan dan Kekurangan Platform Blogger dan WordPress

Meskipun ada sosial media, tetap ada orang yang lebih suka menggunakan blog untuk menulis. Jadi walaupun ada Facebook, Instagram, atau Twitter, blog tetap ada karena berbagai kelebihan yang tidak dimiliki sosial media.

 

Saat ini ada 2 platform blog yang terkenal yaitu Blogger.com dan WordPress. Blogger.com sangat tidak asing di telinga, layanan dari Google ini bahkan menjadi sebuah kata sebutan untuk orang yang menulis di blog.

 

Kalau menurut KBBI sih tepatnya narablog atau bloger (huruf g cuma satu). Sebutan untuk orang yang melakukan kegiatan mengeblog. Sedangkan WordPress, adalah platform blog gratis yang terkenal karena kemudahan penggunaannya.

 

Saya sendiri merupakan pengguna WordPress sejak 2010. Saya juga pernah menggunakan Blogger.com atau dikenal juga Blogspot. Pada akhirnya saya lebih memilih WordPress karena lebih mudah disesuaikan dengan keinginan.

 

Pertama, saya akan bahas dulu kelebihan Blogger. Siapa pun yang punya ponsel Android pasti punya akun Gmail. Jadi sangat mudah untuk membuat akun di Blogger.com, cukup login dengan akun Gmail kalian.

 

Soal interfacenya menurut saya sekarang sudah diubah menjadi lebih mudah. Orang awam yang belum pernah bikin blog tidak akan kesulitan untuk membuat blog pertamanya. Dari sisi keamanan, Blogger.com ini dijamin keamanannya, tidak ada ceritanya blog yang dibuat di Blogger.com kena hack atau deface.

 

Hal ini karena Blogger.com menggunakan infrastruktur Google yang terkenal cepat dan aman. Mungkin lain ceritanya kalau si bloger itu akunnya pakai password yang tidak kuat. Blog yang dibuat di Blogger akan mempunyai akhiran atau ekstensi .blogspot.com.

 

Cukup panjang tidak sangat tidak menarik. Nah, salah satu kelebihan Blogger.com adalah kita bisa menggunakan custom domain. Kita bisa membeli domain sendiri di registrar, kalau .com itu sekitar Rp150.000 per tahun lalu domain tersebut kita arahkan ke blog di Blogger.

 

Jadi kalau ada orang yang membuka blogakudi.blogspot.com maka akan diarahkan secara otomatis ke wbloger.com misalnya. Menariknya fitur custom domain tersebut gratis dan settingnya pun cukup mudah. Beberapa registrar bahkan menyediakan fitur khusus untuk mengarahkan domain tersebut ke Blogger.com tanpa perlu kita setting.

 

Sekarang kita bahas tentang WordPress. Ada 2 versi, WordPress.org dan WordPress.com. Secara fitur hampir sama, yang membedakannya adalah .org itu self-host dan versi .com itu mirip blogger.com.

 

Saat pertama kali daftar di WordPress.com kita bisa membuat blog gratis dengan alamat blogakudi.wordpress.com. Soal fitur dan cara penggunaan tidak jauh berbeda dengan Blogger.com. Nah, kekurangan WordPress.com adalah kalau kita mau pakai domain sendiri maka harus bayar.

 

Beda banget sama Blogger yang fitur custom domainya gratis. Kita harus membayar sekitar Rp600.000 per tahun untuk bisa menikmati fitur custom domain di WordPress.com.

 

Kalau WordPress.org adalah script atau program php yang bisa kita install sendiri di hosting. WordPress.org ini platform terkenal, jadi banyak hosting yang punya fitur auto installer WordPress. Kita tidak perlu install sendiri. Wbloger.com ini contoh blog yang menggunakan WordPress.org.

 

Kelebihannya install WordPress.org adalah kita bisa membuat banyak blog di hosting yang kita miliki. Saran saya, untuk pemula silakan gunakan WordPress.com atau Blogger.com sesuaikan saa dengan selera kalian.

 

Sebenarnya sih untuk install domain sendiri tidak susah. Kalau kamu ingin lebih keren blognya, bisa daftar domain .com sendiri dan beli hosting. Dijamin blog kamu punya alamat yang unik tanpa akhiran .blogspot.com atau wordpress.com