Cara Membuat Acar Bawang Putih: Mudah dan Praktis!

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang pastinya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Jenis bumbu dapur satu ini hampir ada pada setiap masakan untuk memberikan cita rasa yang khas dan gurih sehingga masakan akan terasa lebih nikmat.

Selain dijadikan campuran bumbu pada masakan, bawang putih juga sering diolah menjadi acar bawang putih. Acar sendiri adalah jenis awetan makanan yang menggunakan cuka dan air garam untuk membuat cita rasa segar dan biasanya disajikan sebagai hidangan pendamping.

Acar bawang putih bisa dijadikan pendamping untuk aneka menu masakan dan memiliki masa simpan yang lebih lama. Jenis bawang putih yang sering dijadikan bahan untuk acar bawang putih adalah bawang putih tunggal.

Bawang putih tunggal merupakan bawang putih yang tidak ada teman dan bentuknya bulat utuh, nyaris menyerupai bentuk bengkoang dalam ukuran kecil dan warnanya jauh lebih putih dibanding bawang biasa.

Berbeda dengan bawang putih pada umumnya, bawang putih tunggal lebih sering digunakan sebagai obat herbal karena khasiatnya yang beraneka ragam. Jenis olahan bawang putih yang sering dibuat adalah acar bawang putih.

Meskipun sudah diolah menjadi acar, nutrisi dan kandungan gizinya masih tersimpan dengan baik dan memiliki banyak banyak manfaat untuk kesehatan. Seperti dapat menjaga daya tahan tubuh, mencegah hipertensi, dan berguna sebagai antibakteri dan antiseptik.

Resep Acar Bawang Putih Tunggal

Selain sederet manfaatnya yang baik untuk kesehatan, acar bawang putih ini juga bisa digunakan sebagai cemilan di rumah. Penasaran ingin mencoba? Yuk, simak resep acar bawang putih tunggal berikut ini:

Bahan Utama Acar Bawang Putih Tunggal:

  • 500 gram siung bawang putih tunggal atau sesuaikan dengan jumlah kebutuhan
  • 1-2 sendok teh garam
  • 1-2 sendok makan gula pasir
  • 3 sendok makan cuka masak
  • 250 ml air

Cara/Langkah Membuat Acar Bawang Putih Tunggal

  • Siapkan semua alat dan bahan yang akan digunakan untuk membuat acar bawang putih tunggal
  • Rendam bawang putih tunggal dalam air panas selama 30 menit. Kemudian kupas, cuci bersih, dan masukkan ke dalam toples.
  • Setelah itu, tambahkan garam dan aduk merata dengan bawang putih tunggal dan simpan di dalam toples yang telah ditutup dengan rapat.
  • Rebus air dengan gula hingga larut. Lalu, tambahkan cuka masak, aduk rata dan tunggu hingga agak dingin.
  • Tuangkan hasil rebusan gula, air, dan cuka tadi ke dalam toples yang berisi bawang putih tunggal dan tutup dengan rapat.
  • Diamkan sekitar 2-3 hari untuk membuat acar bawang putih tunggal menjadi lebih sempurna.
  • Setelah selesai, kamu bisa menikmatinya sebagai cemilan atau makanan pendamping untuk berbagai menu masakan.

Itu dia resep atau cara membuat acar bawang putih tunggal yang mudah dan praktis di rumah. Kamu juga bisa mengkreasikan acar bawang putih ini menjadi cemilan seperti yang sedang viral di media sosial dengan mencampurkan acar bawang putih tersebut dengan saus sriracha, thyme, dan bubuk cabai.

Cemilan ini bisa jadi pilihan alternatif bagi kamu yang tidak terlalu suka dengan bau dan rasa khas dari bawang putih. Meskipun lezat, kamu tetap tidak dianjurkan untuk mengonsumsi secara berlebihan.

Sebab, mengonsumsi acar bawang putih yang asam dengan saus pedas bisa memiliki efek berbahaya bagi kerongkongan hingga lambung. Jadi, pastikan kamu untuk mengonsumsinya dalam porsi yang cukup ya!

Jangan lupa untuk mempersiapkan aneka bumbu masakan dan peralatan masak yang lengkap yang semuanya bisa kamu beli secara mudah di TaniHub!

TaniHub merupakan tempat belanja sayur dan buah online terbaik saat ini. Produk yang dijual pun sangat beragam, selain bawang putih, di TaniHub juga menjual buah, sayur, bumbu, telur & unggas, kebutuhan masak hingga sembako.

Belanja di platform ini pun terbilang sangat mudah, cukup akses websitenya di https://TaniHub.com atau download aplikasinya di Play Store dan AppStore. Pesan produk yang Anda inginkan, bayar dan tinggal tunggu #dirumahaja, kurir TaniHub akan langsung mengantarkannya.

Leave a Reply