Tutorial

Cara Membuat Toko Online dengan WordPress dan Marketplace

Cara membuat toko online sebenarnya bisa dilakukan dengan sangat mudah. Apalagi sekarang ini semakin banyak platform yang bisa digunakan untuk membuat toko online.

 

Anda bisa membuat toko online dengan menggunakan WordPress maupun di Marketplace. Jika menggunakan WordPress, ini artinya Anda berdiri sendiri. Sedangkan di Marketplace, tentu saja Anda harus mengikuti seluruh aturan berjualan yang mereka miliki.

 

Keduanya memang memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Di sisi lain, bila berjualan di marketplace, kita tidak perlu melakukan kegiatan promosi dengan susah payah karena sudah dilakukan oleh pihak marketplace.

 

Selain memilih salah satu, Anda juga bisa memilih keduanya, yakni membuat toko online di WordPress sekaligus di marketplace. Berikut cara yang dapat Anda lakukan.

 

Cara Membuat Toko Online Menggunakan WordPress

 

Sebelum membuat toko online di marketplace, Anda bisa membuatnya di WordPress terlebih dahulu. Berikut langkah membuat toko online di WordPress, antara lain:

 

  1. Siapkan domain serta hosting

 

Domain serta hosting merupakan hal penting ketika akan membuat toko online. domain adalah alamat website yang dapat digunakan untuk mempermudah pembeli melakukan akses. Sedangkan hosting diibaratkan seperti toko yang digunakan untuk menyimpan produk stock barang.

 

  1. Instal WordPress

 

Agar memudahkan Anda untuk melakukan desain toko online, Anda dapat menginstal WordPress.

 

  1. Buat layout

 

Pembuatan layout dibutuhkan agar toko online Anda memiliki tampilan yang menarik. Pastikan memilih layout yang terkesan berkelas.

 

  1. Instal plugin

 

Setelah selesai membuat layout, Anda bisa menginstal plugin yang digunakan untuk mempermudah pengelolaan konten.

 

  1. Mulai tambahkan produk

 

Menambahkan produk ke toko online yang kita miliki tentu saja menjadi sebuah moment spesial. Anda bisa mulai melakukan posting produk di WordPress. Jangan lupa cantumkan harga, cara pembelian, spesifikasi dan informasi penting lainnya.

 

Cara Membuat Toko Online di Marketplace

 

Jika sudah membuat toko online menggunakan WordPress, Anda juga bisa membuat toko online di marketplace. Namun terlebih dahulu Anda harus memilih marketplace yang akan digunakan. Secara umum, berikut langkah yang bisa Anda lakukan untuk membuat toko online di marketplace.

 

  1. Buat akun

 

Untuk melakukan pembuatan toko online, pastikan terlebih dahulu Anda memiliki akun di marketplace tersebut. Jika belum memiliki akun, Anda bisa membuatnya dengan mengikuti petunjuk yang berada di marketplace.

 

  1. Lengkapi seluruh profil

 

Jika akun sudah berhasil dibuat, Anda bisa melengkapi seluruh profil seperti nama toko, hingga jenis produk yang Anda jual. Lengkapi seluruh informasi dengan jelas.

 

  1. Atur alamat dan jasa pengiriman

 

Di dalam marketplace, nantinya Anda harus mencantumkan alamat. Jika alamat sudah dicantumkan, Anda dapat memilih jasa pengiriman yang akan digunakan untuk melakukan pengiriman barang.

 

  1. Mulai masukkan produk dan berjualan

 

Jika langkah di atas sudah Anda lakukan. Anda dapat memulai memasukkan produk dan mulai berjualan di marketplace.