Dana Desa, Solusi Pembangunan Desa Saat ini

Dana Desa sekarang ini seperti menjadi salah satu solusi pembangunan daerah khususnya desa sekarang ini. Tahun demi tahun, anggaran dana ini terus menerus mengalami penambahan, contohnya di tahun 2015 lalu dananya hanya Rp 20 triliun, tahun 2017 mencapai 60 triliun.

Dengan dikungan alokasi dana yang terus menerus meningkat, tentu diharapkan dapat digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Lebih-lebih salah satu tujuan pemerintah memberikan dana ini ialah sebagai penahan laju urbanisasi.

Dana ini bukan hanya memiliki tujuan mengentaskan desa dari kemiskinan tetapi juga dilakukan untuk menarik minat anak muda agar tidak melakukan urbanisasi. Diharapkan dana ini dapat menciptakan peluang kerja bagi anak muda.

Alokasi Dana Desa yang Bermanfaat di Berbagai Macam Daerah

Berikut berbagai macam contoh alokasi dana dari pemerintah untuk pembangunan desa, antara lain:

  1. Desa Wringin Putih

Desa Wringin Putih melakukan pengembangan destinasi wisata Kampung Bambu Klatakan. Des ini menawarkan sejuknya hutan bambu alami dengan luas 20 hektar. Tahun 2016 lalu warga desa melakukan pembangunan Kampung Bambu dengan menggunakan lahan hutan bambu yang dimiliki warga hingga akhirnya menjadi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

  1. Desa Banua Binjai

Desa Banua Binjai membangun usaha jamur tiram. Unit usaha ini telah menghasilkan jamur serta bibit jamur. Produk yang dihasilkan langsung dijual ke kafe, warung kuliner maupun ke pasar di Kota Barabai. Hingga sekarang, usaha ini terus menerus bergerak maju bahkan semakin berkembang.

  1. Desa Pagar Gunung

Desa Pagar Gunung menormalisasi Danau Sakintang dan digunakan untuk embung desa. Bukan hanya digunakan untuk kebutuhan pertanian dan pengairan, embung danau ini juga digunakan untuk destinasi wisata.

Program normalisasi danau ini sendiri menggunakan dana khusus desa sebesar Rp 135 jutaan di tahun 2017, kemudian Rp 317 jutaan di tahun 2018, serta Rp 350 jutaan di tahun 2019.

Penggunaan Dana Desa untuk Memenuhi Kebutuhan Vital Masyarakat

Penggunaan dana ini untuk membangun wisata maupun hal-hal yang bersifat produktif memang menjadi pilihan menarik, namun akan lebih baik jika dana ini digunakan untuk memastikan seluruh kebutuhan masyarakat tercukupi dengan baik, khususnya untuk air bersih.

Di beberapa desa, kebutuhan air bersih masyarakat masih kurang, padahal air menjadi kebutuhan vital. Untuk menanggulangi masalah ini, dana dari pemerintah untuk pengembangan desa bisa dijadikan sebagai pilihan seperti untuk membangun pompa air.

Tetapi, tentu saja pompa air yang dibangun bukan pompa biasa, mengingat pompa biasa membutuhkan dana perawatan yang cukup besar, salah satu rekomendasi pompa yang tepat adalah pompa air tenaga surya.

Pompa air tenaga surya memiliki perawatan yang lebih mudah, murah serta memiliki kapasitas pengaliran air yang besar. Sanspower menjadi pilihan layanan yang paling tepat Anda jadikan sebagai pilihan.

Kami memiliki layanan pemasangan pompa tenaga surya yang premium, dan sudah digunakan di berbagai macam desa di seluruh penjuru Indonesia. Hubungi kami segera dan dapatkan layanan terbaik dari kami.

Leave a Reply