Bisnis

5 Jenis Kampanye Google Ads Yang Wajib Anda Ketahui Sebelum Beriklan

Perkembangan zaman yang beralih ke digital, membuat para pelaku bisnis juga merambah ke bisnis online. Banyaknya pelaku bisnis online yang bermunculan, membuat para pelaku bisnis saling berlomba mempromosikan brand atau produk yang dijual demi bisa bertahan menghadapi banyaknya kompetitor. Ada banyak cara yang dilakukan, salah satunya bekerjasama dengan agensi pemasaran digital seperti www.matabadai.com. Dengan menggunakan jasa agensi, tentu akan membantu para pelaku bisnis mendapatkan strategi pemasaran yang efektif, seperti Google Ads. Dengan menggunakan Google Ads, Anda dapat membuat kampanye untuk keperluan brand awareness dan penjualan. Bicara soal kampanye, Google Ads memiliki beberapa jenis kampanye yang bisa Anda manfaatkan seperti berikut.

1. Google Search Network

Jaringan penelusuran Google atau yang lebih dikenal dengan Google Search Network merupakan sekumpulan situs dan aplikasi yang memiliki hubungan dan relevansi terhadap hasil pencarian. Saat Anda memasang iklan maka iklan Anda dapat tampil dalam pencarian pengguna internet yang mengetikkan keywoards sesuai dengan keywoards yang Anda targetkan. Misalnya, Anda menetapkan keywoards “jasa pengiriman luar negeri”, dan ada seseorang pengunjung internet mengetikkan keywoards yang sama seperti yang Anda targetkan, maka iklan yang Anda pasang akan muncul, dan kemungkinan bisnis Anda akan dikunjungi. Menggunakan jenis kampanye ini dapat memungkinkan iklan Anda tampil dengan lebih luas, misalnya bisa tampil di atas, di bawah, di samping, dan juga ditengah hasil penelusuran di Google Map, Google Play, Google Shopping, dan di beberapa aplikasi yang berintegrasi dengan mesin penelusuran Google.

2. Google Display Network

Jenis kampanye ini mampu membantu Anda dalam menjangkau audiens target market Anda menjadi lebih tepat sasaran. Biasanya iklan akan tampil berupa gambar yang responsif, dan menarik, pada saat pengguna internet menjelajahi situs-situs populer di internet, menggunakan aplikasi di perangkat seluler, bahkan saat memeriksa email.

3. Google Video

Jenis kampanye ini memungkin Anda melakukan pengaturan terhadap iklan video yang ingin Anda tayangkan. Iklan ini memiliki format video yang beragam seperti iklan video discory yang hanya bisa ditampilkan di youtube, iklan bumper, serta iklan yang tidak bisa di leati seperti iklan instream.

4. Google Shopping

Jenis kampanye ini lebih mengutamakan tampilan visual, seperti brand, foto produk, harga dan lainnya dan menampilkan tautan yang bisa diklik supaya pelanggan bisa langsung berbelanja di laman web bisnis Anda.

5. Google Play

Kampanye jenis ini memanfaatkan iklan untuk tampil di situs-situs partner Google. Jenis kampanye iklan ini memunculkan tampilan berupa teks atau gambar , sehingga pada saat di klik akan langsung terhubung ke Google Play atau Appstore.

Setelah mengetahui jenis-jenis kampanye Google Ads seperti di atas. Sekarang waktunya memilih jenis kampanye seperti apa yang sesuai dengan produk bisnis Anda.