Blogger atau Bloger? Ini yang Benar Menurut KBBI!

Saya tidak tahu kapan tepatnya kata bloger masuk ke dalam Kamus Besar Bahasa Indoensia. Ini merupakan istilah baru untuk orang yang memiliki kegiatan menulis catatan harian di internet. Definisi dari KBBI juga menyebutkan demikian.

Kata baku dari bloger adalah narablog. Sebutan untuk seseorang yang menulis jurnal di internet. Tahukah kamu kalau kita ternyata sering salah menyebutkan kata bloger. Perhatikan jumlah huruf g yang cuma satu. Makanya blog ini saya beri nama wbloger.com.

W adalah inisial dari CMS yang saya pakai, yaitu WordPress. Jadi pas ya kalau domain blog ini wbloger.com, artinya bloger yang menggunakan WordPress. Kata selain bloger menurut KBBI adalah pengeblog dan narablog. Definisinya adalah sebutan untuk orang yang mengeblog.

Blogger, huruf g ada dua merupakan layanan dari Google. Mungkin karena ini banyak orang yang menyebutnya dengan blogger. Walaupun bloger tersebut menggunakan WordPress atau Tumblr, tetap saja disebut blogger.

Baiklah, tidak masalah mau disebut blogger atau bloger. Intinya para bloger atau narablog mempunyai kegiatan menulis di blog. Blog sendiri bermacam-macam topiknya, ada yang berisi catatan harian, pribadi, tutorial dengan topik yang sangat luas mulai dari keuangan, parenting sampai komputer.

Sekali lagi, sudah paham kan kalau yang tepat itu bloger bukan blogger? Jadi nama domain wBloger.com itu buka typo (kesalahan penulisan). Justru lebih tepat ditulis bloger.

Leave a Reply