Pahami Langkah-Langkah Untuk Daftar Google Adsense

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan uang dari blog atau web adalah melalui Google Adsense. Cara ini terbilang cukup mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja yang memiliki blog. Sebelum monetisasi blog dengan Google Adsense, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan terlebih dahulu. Berikut ini penjelasan lengkapnya:

Langkah Mendaftar Google Adsense

Hal yang sangat penting untuk dilakukan agar bisa monetisasi dari Google Adsense adalah dengan mendaftarkan akun terlebih dahulu. Untuk bisa memiliki akun Google Adsense, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Daftar akun terlebih dahulu

Untuk mendaftar akun, Anda bisa langsung mengunjungi kanal milik Google Adsense, kemudian pilih “Daftar sekarang”. Setelah memilih opsi tersebut, Anda akan diminta untuk mengisi berbagai informasi yang dibutuhkan untuk pendaftaran akun tersebut.

Setelah mengisi seluruh informasi yang dibutuhkan, Anda bisa langsung klik Save & continue. Setelah itu, Anda harus melakukan verifikasi. Terakhir Anda bisa klik create account untuk mengakhiri proses pendaftaran.

2. Aktifkan akun Adsense

Setelah memiliki akun, Anda bisa melakukan aktivasi untuk akun yang sudah Anda buat. Caranya usah, Anda bisa masuk dalam dashboard Google Adsense kemudian isi beberapa formulir yang dibutuhkan dalam laman tersebut.

Jika semua data sudah terisi Anda bisa langsung klik submit. Pada tahapan ini Anda akan diminta untuk menyalin kode ke website yang Anda miliki. Kode tersebut nantinya akan menjadi identitas dari Adsense yang ada di web tersebut.

Ketika memasukkan kode tersebut Anda harus berhati-hati, sebab jika salah maka Anda tidak bisa mendapatkan Adsense tersebut. Untuk melanjutkan ke langkah berikutnya Anda bisa klik done.

3. Buat iklan

Sudah memiliki akun di Google Adsense, kini saatnya Anda untuk membuat iklan di web yang Anda miliki. Membuat iklan disini maksudnya adalah Anda bisa mengatur jumlah iklan serta penempatan iklan yang nantinya akan muncul di blog Anda. Tentu saja Anda harus mengatur sesuai dengan kebutuhan.

Meskipun iklan merupakan salah satu sumber pendapatan di blog, namun alangkah baiknya jika tidak terlalu banyak meletakan iklan di laman tersebut. Sebab iklan yang terlalu banyak atau terlalu sering muncul akan mengganggu pengunjung blog Anda. Jika pengunjung berkurang, maka bisa menyebabkan traffic juga mengalami penurunan.

Cara Kerja Google Adsense

Iklan dari Google ini memiliki cara kerja tersendiri. Sebagai blogger tidak ada salahnya juga Anda mengetahui cara kerja dari Google Adsense ini. Adsense akan berfungsi untuk mencocokkan iklan dengan situs yang Anda kelola sesuai dengan konten dan pengunjung yang datang ke blog milik Anda.

Iklan yang terpasang disana kemudian akan dibayarkan oleh pemasang iklan yang kemudian bisa Anda monetisasi. Harga dari iklan yang terpasang akan berbeda-beda sehingga mungkin saja setiap bulannya Anda tidak akan mendapatkan nominal yang sama.

Itulah beberapa hal tentang monetisasi blog dengan Google Adsense yang harus Anda pahami. Sebenarnya sistem kerja di iklan Google ini tidaklah rumit, hanya saja untuk para blogger baru perlu menyesuaikan diri terlebih dahulu agar bisa sepenuhnya memahami cara kerja dari iklan di blog.

Adsense bukanlah satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan uang dari blog. Masih banyak pilihan cara monetisasi blog lainnya. Anda bisa mencari tahu hal tersebut dan mempelajarinya untuk kemudian memilih cara mana yang paling nyaman untuk Anda.

Leave a Reply