Otomotif

Panduan Pengecekan Saat Membeli Mobil Bekas Toyota Vios Gen Satu

Toyota Vios generasi pertama atau gen satu telah dipasarkan di Indonesia pada tahun 2003 oleh Toyota Astra Motor. Kehadirannya untuk menggantikan Toyota Soluna yang sempat menjadi primadona sedan kompak di era 90-an. Begitu pun Vios yang langsung populer sebagai armada taksi, dengan nama Toyota Vios Limo. Toyota Vios generasi pertama atau gen satu mulai masuk ke Indonesia pada tahun 2003 dan dipasarkan selama rentang waktu tahun 2003 sampai tahun 2007.

 

Bahkan sampai saat ini, mobil bekas Toyota Vios Gen Satu masih banyak yang menginginkan untuk dijadikan sebagai kendaraan keluarga maupun sebagai koleksi. Hal ini karena kualitas mobil Toyota Vios Gen Satu yang sangat baik dengan harga jual yang cukup terjangkau.

 

Hal pertama yang dilakukan untuk membeli mobil bekas Vios Gen Satu tentunya Anda harus datang ke showroom atau mencari penjual langsung dari pemiliknya tentu lebih bagus. Biasanya jika dari tangan pertama, Anda bisa mencari melalui sosial media atau lapak mobil bekas misalnya saja seperti aplikasi jual beli online. Setelah menentukan mobil yang akan dibeli tentunya harus membuat janji dengan penjual untuk mengecek kondisi mobil.

 

Hal pertama yang dilakukan dalam mengecek mobil bekas adalah memperhatikan bagian luar atau eksterior terlebih dahulu sebelum melakukan pengecekan lain. Perhatikan dengan seksama goresan atau penyok meskipun hanya sedikit. Hal tersebut tentunya tidak mengurangi kualitas mesin, akan tetapi dapat Anda gunakan untuk melakukan negosiasi dengan penjual agar Anda mendapatkan harga mobil bekas Vios Gen Satu yang sesuai dengan budget Anda.

 

Kemudian lakukan beberapa pengecekan dasar. Langkah ini merupakan langkah penting sebelum Anda membeli mobil bekas Vios Gen Satu. Untuk melihat kondisi mobil bekas yang mampu bertahan lama dengan usia yang terbilang tua, perlu diperhatikan indikasi bekas banjir, mesin bermasalah, ataupun bekas tabrakan.

 

Pertama yang harus Anda perhatikan adalah memeriksa service record atau catatan service dari mobil Vios Gen Satu yang akan dibeli. Catatan service atau perawatan mobil merupakan hal yang sangat berharga. Informasi service ini bisa didapatkan dari bengkel resmi jika pemilik mobil rajin melakukan perawatan berkala. Selama service biasanya kilometer tempuh mobil akan dicatat secara berkala sehingga Anda lebih mudah mengetahuinya. Cara satu ini sangat efektif karena catatan kilometer pada bengkel resmi tidak bisa dimanipulasi. Selain itu juga terdapat catatan penggantian part-part mobil sehingga bisa dijadikan referensi bagian-bagian mana saya yang perlu diperhatikan kedepannya.

 

Cara untuk mengetahui indikasi mobil Vios Gen Satu bekas banjir yaitu dengan dengan mengecek interior mobil termasuk bagian mesin. Biasanya pada mobil yang sudah pernah terendam banjir akan mengeluarkan bau seperti lumpur ditambah lagi dengan kabel-kabel yang berada di mesin tampak berkerak dan ada bekas lumpur yang sudah mengering.

 

Berikutnya adalah memeriksa indikator elektronik pada cluster atau MID (Multi Information Display). Hal yang bisa dilihat biasanya adalah lampu indikator check engine yang akan menyala bila ada masalah pada bagian mesin. Mesin yang bermasalah juga dapat dideteksi melalui suara mesin. Jika terdapat suara yang tidak semestinya, bisa dipastikan ada masalah pada mesin tersebut. Untuk menghindari adanya kesalahan dalam membeli mobil bekas Vios Gen Satu, akan lebih baik jika Anda membawa montir atau ahli mekanik yang nantinya akan membantu Anda untuk mengecek kondisi mobil yang akan dibeli.

 

Kunjungi website info mobil bekas untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan jelas tentang mobil bekas Toyota Vios Gen Satu yang ingin Anda beli sehingga Anda bisa mengetahui bagian-bagian apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli mobil Toyota Vios Gen Satu ini.